Jepang menjadi salah satu negara pioner dalam bidang teknologi dan elektronik. Semua merk merk televisi, kulkas, kamera ataupun laptop banyak yang berbasis di negara yang dijuluki negeri sakura ini.

Begitupun dengan Air Conditioner atau AC, rata-rata pabrikan Jepang menguasai pasar global dengan berbagai merknya. Sebut saja misalnya Daikin Industries yang di Indonesia disebut dengan Daikin Indonesia. Mereka menjadi pelopor AC dunia dari tahun 1924 sampai dengan sekarang.

Lalu, apa sih sebetulnya yang membuat produk-produk Jepang dikenal unggul dan juga berkualitas. Berikut ini adalah beberapa faktanya untuk anda:

Mengapa Produk AC Asal Jepang Bisa Diandalkan?

  1. Inovasi Tiada Henti

Perkembangan teknologi harus diikuti dengan inovasi yang berbeda dari hari ke harinya, ini dilakukan oleh perusahaan perusahaan asal Jepang. Mereka tidak lelah melakukan penelitian untuk menghasilkan suatu produk yang baru di pasaran.

Selain itu, persaingannya dengan negara Amerika atau Eropa turut mendorong Jepang untuk membuktikan bahwa mereka adalah bangsa yang patut diperhitungkan dalam hal apapun. Utamanya dalam teknologi termutakhir.

  1. Standar Kualitas Tinggi

Jepang menerapkan standar tinggi atas setiap produk, setiap quality control dilakukan secara cermat dan teliti baik menggunakan tenaga manual ataupun mesin. Ini dilakukan demi menjaga kualitas dan citra merk di mata masyarakat.

Bagaimanapun kualitas adalah harga mati. Percuma saja harga murah jika produk tidak bisa memuaskan pelanggan dalam jangka waktu lama. Tak heran, jika produk produk yang berasal dari Jepang mengutamakan reputasi dan kualitas diatas segala-galanya.

  1. Menjawab Semua Tantangan

Setiap perubahan jaman akan berpengaruh pada teknologi yang digunakan. Produk produk asal Jepang berhasil mengikuti hal tersebut. Mereka terus memperbaharui teknloginya serta melakukan inovasi inovasi sehingga produk yang dihasilkan relevan dengan perubahan yang ada.

Dalam bidang pendinginan, perusahaan-perusahaan Jepang juga terus melakukan inovasi inovasi dengan menciptakan jenis jenis baru produk AC dari berbagai jenis AC yang ada mulai dari AC split, AC multi split, Standing floor dan juga AC central.

  1. Disiplin dan Etos Kerja

Semua orang tahu bahwa Jepang adalah negara dengan etos kerja yang tinggi dan juga sangat disiplin dalam segala hal. Etos kerja dan kedisiplinan tingkat tinggi juga digunakan oleh perusahaan perusahaan Jepang meskipun bangunan manufaktur mereka ada di negara luar Jepang dengan tenaga kerja yang juga bukan orang-orang Jepang.

Hal ini sedikit banyaknya berpengaruh pada kualitas produk yang dihasilkan. Produk yang dibuat dengan disiplin tinggi serta ketelitian menjadi salah satu keunggulan produk buatan negara ini.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa produk yang dikeluarkan negara Jepang diakui oleh dunia sebagai produk yang mempunyai kualitas tinggi. Selain berkualitas produk Jepang terkadang juga dibanderol dengan harga murah sehingga masih dapat di jangkau berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari masyarakat bawah, menengah sampai masyarakat kalangan atas.