Berikut materi, soal, dan jawaban di TVRI Belajar dari Rumah untuk SMP, Rabu 22 April 2020. Pada pembelajaran jenjang SMP sederajat terdapat materi Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai. Setelah pembelajaran mengenai Tradisi Lenggang Nyai selesai, maka diberikan pertanyaan kepada peserta Belajar dari Rumah.

Pertanyaan tersebut, misalnya mengenai sinopsis Tari Lenggang Nyai. Lalu, bagaimana jawaban dari materi tersebut? Peserta Belajar dari Rumah diberikan pengetahuan mengenai Tari Lenggang Nyai.

Pembelajaran dipandu oleh Wiwiek Widiyastuti. Seniman tari tersebut, menciptakan Tari Tari Lenggang Nyai yang merupakankesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta. Kemudian, ia juga memberikan pengetahuan mengenai proses manari hingga merias wajah.

1. Apakah keunikan Tari Lenggang Nyai? 2. Apa perbedaan pola tari tradisional dan tari kreasi? 3. Ceritakan Sinopsis Tari Lenggang Nyai!

Tari Lenggang Nyaimerupakan kesenian tari masyarakat Betawi di Jakarta yang diciptakan oleh Wiwiek Widiyastuti. Tarian kreasi baru tersebut, terinspirasi dari sebuah cerita rakyat sehingga memiliki banyak pesan dan makna. Tari Lenggang Nyai terinsipirasi dari kehidupan Nyai Dasimah.

Nyai Dasimah adalah seorang wanita cantik asal Betawi yang kebingungan di antara dua pilihan, sebagaimana dilansir . Ia kebingungan untuk menentukan pendamping hidupnya. Namun, keputusan akhirnya untuk memilih seseorang di antara dua pilihannya justru membawa petaka bagi dirinya sendiri.

Sementara itu, gerakanTari Lenggang Nyaimerupakan gerakan yang luwes, tetapi pasti. Namun, terkadang terselip gerakan ragu ragu yang menggambarkan perasaan galau seorang gadis. Pada bagian lain, gerakan menggambarkan keceriaan dan kegembiraan.

Materi PAUD & Sederajat Jalan Sesama Materi SD Kelas 1 3 dan Sederajat

Sabahat Pelangi: Puisi Nisa Juara Materi SD Kelas 4 6 dan Sederajat Sejarah dan Budaya Maluku

Materi SMP & Sederajat Pelangi Nusantara: Tradisi Lenggang Nyai Materi SMA & Sederajat

Negeriku Maritim: Potensi Sumber Daya KeluargaIndonesia: Parenting Sahabat Keluarga: Menanamkan Nilai nilai Pada Anak

Film Nasional Garasi Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Kunci jawaban ini hanya sekadar pegangan untuk orangtua mengoreksi jawaban anak