Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perwira muda TNI Polri agar menjadi pelajaran dari pandemi virus corona (Covid 19) untuk tidak menyerah dan memperkokoh kekuatan bangsa. Terlebih, pandemi Covid 19 ini turut melanda hampir seluruh belahan dunia yang mengakibatkan dampak krisis kesehatan hingga ekonomi. Hal itu disampaikan Jokowi saat memimpin upacara pelantikan perwira TNI dan Polri dalam Upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Selasa (14/7/2020).

"Memang kita menghadapi masalah kesehatan, dan masalah ekonomi yang sangat pelik, seperti juga hanya 215 negara di dunia mengalami hal yang sama. Namun, sebagai bangsa pejuang kita tidak boleh menyerah," kata Jokowi. Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi mengajak para perwira belajar dari krisis Covid 19 ini serta ikut berpartisipasi menyelesaikan krisis yang dihadapi Indonesia. Jokowi juga mengajak lapisan masyarakat turut berpartisipasi untuk memperkuat rasa gotong royong satu dengan yang lainnya.

"Krisis akibat pandemi Covid bisa memperkokoh kepedulian dan kegotongroyongan kita. Memperkokoh persatuan dan kebersamaan kita, mempercepat upaya untuk memperbaiki cara kerja kita, dan juga mempercepat pengembangan teknologi dan industri kita," ucap Jokowi. "Oleh karena itu, saya berpesan ke saudara saudara untuk ikut berpartisipasi dalam rangka menyelesaikan krisis ini, dan belajar dari krisis ini untuk ikut serta memperkokoh kebersamaan yang berlandaskan pancasila, dalam rangka meraih lompatan kemajuan," jelasnya.