Kabar gembira, pengumuman penerima Kartu Prakerja gelombang IV telah disampaikan lewat SMS. Bagi penerima yang mendapat SMS, bisa mengikuti tahap selanjutnya yakni pelatihan. Namun, untuk mengikuti pelatihan, sebaiknya mengecekdashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia.

Anda dapat mengakseslaman dan mengikuti petunjuk yang sudah diberikan. Informasi mengenai pengumuman penerimaKartu Prakerja gelombang IVdisampaikan melalui Instagram, @prakerja.go.id pada Rabu (19/8/2020) malam. Diketahui, kini pendaftaranKartu Prakerja gelombang V tengah berlangsung.

Kartu Prakerja diperuntukkan bagi WNI yang berusia di atas 18 tahun. Selain itu, para pencari kerja atau pekerja yang terdampak pandemi Covid 19 juga menjadi prioritas utamanya. Jadi, bagi peserta yang belum lolos pada gelombang sebelumnya dapat mengikuti kembali di gelombang V.

1. Cek dashboard akun Prakerja untuk memastikan dana pelatihan sudah tersedia. 2. Bandingkan pelatihan di Bukalapak, Mau Belajar Apa, Pintaria, Pijar Mahir, Sisnaker, Sekolahmu, atau Tokopedia. 3. Pilih pelatihan sesuai kebutuhanmu.

4. Beli pelatihan dan bayar dengan Kartu Prakerja. Kartu Prakerja diperuntukkan WNI yang berusia 18 tahun ke atas. Tidak sedang bersekolah.

Warga yang sedang mencari pekerjaan dan pekerja atau buruh yang terdampak covid 19. Masuk ke situs dan pilih menu Daftar Sekarang. Masukan nama lengkap, alamat email, dan kata sandi baru.

Cek email masuk dari akun Prakerja dan ikuti petunjuk untuk konfirmasi akun email. Setelah konfirmasi akun email berhasil, kembali ke situs Prakerja Login akun Prakerja.

Anda bisa memasukkan alamat email dan kata sandi yang baru dibuat. Nantinya, Anda diminta untuk verifikasi KTP, mengisi data diri, dan nomor HP. Kemudian, masukan nomor KTP, nomor Kartu Keluarga, lalu klik Lanjutkan

Isikan data diri lengkap sesuai formulir Kartu Prakerja. Misalnya, mengenai nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan, status kebekerjaan, foto KTP, dan foto selfie dengan KTP. Kemudian, klik Lanjutkan.

Masukkan nomor telepon. Setelah mengisi nomor telepon, maka kode OTP yang dikirimkan melalui SMS. Nah, ketika swafoto, pastikan foto yang kamu unggah ketika mendaftar sudah sesuai dengan ketentuan agar akun dapat diverifikasi.

Pastikan juga seluruh wajah terlihat jelas, jangan gunakan kacamata, penutup kepala, apalagi menggunakan masker. Seluruh bagian muka tampak lurus menghadap kekamera. Atur kecerahan dalam foto agar tidak nampak gelap atau tidak terlalu terang.

Hindari menggunakan kacamata saat berfoto. Jangan menggunakan topi atau penutup kepala, kecuali wanita berhijab. Pastikan wajah tidak tertutup rambut

Jangan menggunakan masker. Atur pencahayaan dalam foto agar tidak muncul bayangan. Ambil foto dalam posisi potrait bukan landscape .

Ambil foto dengan latar belakang polos. Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit. Siapkan alat tulis dan kertas bila diperlukan.

Tunggu email pemberitahuan dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.