Partai penentuan leg kedua 16 besar Liga Champions antara Barcelona vs Napoli, pada Minggu (9/8/2020). Duel seru ini akan berlangsung di Camp Nou Stadium mulai pukul 02.00 WIB, Live SCTV. Pada pertemuan pertama lalu, kedua tim harus puas bermain imbang 1 1 kala berlangsung di markas Napoli.

Hasil imbang pada pertemuan pertama tentu membuat kedua tim, terutama Barcelona, dapat memanfaatkan situasi leg kedua ini. Quique Setien yang menjabat sebagai pelatih Barcelona pun mengaku fokus pada pertandingan penting demi memuluskan langkah ke babak selanjutnya. Bahkan, Cantabrian mengaku tidak khawatir terkait rumor pemecatan dirinya yang terus berseliweran akibat gagal mempertahankan gelar Liga Spanyol musim ini.

Ia pun bersikeras belum akan memikirkan kemungkinan dipercat apabaila gagal membawa Barcelona melaju ke 8 besar di Portugal. "Sebenarnya, saya belum berpikir bahwa ini bisa menjadi pertandingan terakhir saya di Barcelona." "Kami telah bersiap untuk pertandingan dan kami siap untuk mengambil segala sesuatu yang Napoli akan pertunjukan pada kami," kata Quique Setien dikutip dari laman Marca.

Setien pun juga menyadari, kekuatan calon lawannya Napoli menunjukan peningkatan dari pertemuan pertama. Dirinya tak lupa memuji penampilan para bertahan klub berjuluk Partenopei yang tampil bagus selama kompetisi Liga Italia. "Napoli telah meningkatkan banyak sejak leg pertama. Mereka adalah tim dengan kepemilikan terbanyak di Serie A dan memiliki pertahanan yang hebat, sementara mereka dapat membahayakan Anda untuk maju."

"Kami telah mempelajari mereka secara menyeluruh dan kami akan mencoba meminimalkan ancaman mereka." "Kami telah memikirkan semua kemungkinan hasil dan kami telah lama berpikir tentang apa pilihan terbaik," terangnya. Dalam pertandingan ini, Blaugrana akan tampil tanpa beberapa pilar andalannya karena berbagai macam alasan.

Seperti, Sergio Bosquets dan Arturo Vidal yang absen akibat menjalani skorsing. Kemudian Ousmane Dembele menjalani masa pemulihan cedera dan terus menunjukan progres positif. "Kami benar benar berpikir untuk memasukkan dia (red Ousmane) tapi sayangnya dia hanya terlibat dalam latihan grup terbatas dan kami tak akan mengambil risiko besar."

"Dia juga belum percaya diri dan keputusan terbaik adalah tidak memaksanya untuk tampil," jelas pelatih asal Spanyol. Sementara itu, di sisi sang lawan, Gennaro Gattuso selaku pelatih Napoli menyatakan bahwa pertandingan tandang ini akan berjalan sulit. Pertandingan sulit melawan tim yang memiliki banyak pengalaman di Liga Champions dan dengan dihiasi sederet pemain pelatih hebat.

“Kami tahu ini akan menjadi pertandingan yang sangat sulit bagi kami," kata Gennaro Gattuso dikutip dari laman Football Italia. "Kami tahu tim seperti apa Barcelona itu dan kami tahu kami harus tampil hebat, baik secara teknis maupun taktis." “Kami tahu kami menghadapi juara hebat dan kami membutuhkan pertandingan hebat untuk keluar dengan hasil," tambahnya.

Gattuso tak lupa menguraikan bagaimana kondisi kapten Napoli, Lorenzo Insigne jelang melawan Barcelona. Ia mengaku tak akan memaksakan Insigne turun apabila belum sepenuhnya pulih dan kondisinya masih akan terus dipantau. "Kemarin dia melakukan 50 persen dari latihan, hari ini 100 persen bersama tim."

"Saya ingin mendengar bahwa dia merasa 100 persen besok, jika tidak, dia tidak akan memulai pertandingan." “Jika dia 100 persen, dia akan bermain dan membantu kami untuk memainkan permainan yang hebat," ujarnya. Pelatih asal Italia ini pun tak ingin para pemainnya tampil dengan fokus tinggi pada laga melawan Lionel Messi dkk.

Partenopei sendiri datang ke Camp Nou bermodal 7 kali kemenangan dari 12 pertandingan semenjak meraih trofi Coppa Italia. “Akhir akhir ini kami memainkan olahraga yang berbeda. Ini bukan sepak bola. Seluruh dunia sepak bola bagus dalam menendang mesin, tapi ini bukan sepak bola." “Kami bermain setiap dua hari, bahkan Coppa Italia. Saya tidak tahu siapa yang lebih diuntungkan."

"Keberuntungan kami mencapai Eropa dengan memenangkan Piala, kami telah memainkan banyak pertandingan dengan mengerem, sesuatu yang mengganggu saya." “Dalam 12 pertandingan terakhir, bagaimanapun, kami telah meningkat dalam penguasaan bola, kami adalah tim yang paling banyak menggiring bola di Serie A." "Kami telah menciptakan banyak hal, meski tidak menyelesaikan yang terbaik," tutup pelatih berusia 42 tahun.

Adapun dalam rekor 5 kali pertemuan kedua tim, Barcelona jauh memiliki catatan lebih bagus. Secara keseluruhan, Blaugrana sudah mengantongi 3 kemenangan, sedangkan Napoli hanya baru sekali dan lainnya berakhir imbang. Duel seru Barcelona vs Napoli dalam memperebutkan tiket Perempat Final Liga Champions akan berlangsung di Camp Nou.

Pertandingan ini dapat disaksikan lewat SCTV dan Vidio.com mulai pukul 02.00 WIB dini hari. Alaves 0 5 Barcelona Barcelona 0 2 Osasuna

Valladolid 0 1 Barcelona Barcelona 1 0 Espanyol Villareal 1 4 Barcelona

Napoli 1 3 Lazio Inter 2 0 Napoli Napoli 2 0 Sassuolo

Parma 2 1 Napoli Napoli 2 1 Udinese Napoli 1 1 Barcelona

Napoli 0 4 Barcelona Barcelona 2 1 Napoli Napoli 1 0 Barcelona

Barcelona 5 0 Napoli Barcelona 2 1 Napoli Barcelona 1 2 Napoli

Ter Stegen; Semedo, Pique, Lenglet, Alba; Roberto, Rakitic, De Jong; Messi, Suarez, Griezmann. Ospina; Hysaj, Di Lorenzo, Koulibaly, Mario Rui; Ruiz, Demme, Zielinski; Callejon, Mertens, Insigne.