Kapten Persib Bandung, Supardi Nasir memberikan tanggapannya setelah menerima hasil imbang dalam laga uji coba. Persib Bandung baru saja mendapatkan hasil imbang tanpa gol 0 0 kala berjumpa Tira Persikabo dalam laga uji coba, pada Sabtu (5/9/2020). Berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), peluang kedua tim pada paruh kedua terutama striker tuan rumah Wander Luiz dan Geoffrey Castillion tak dapat dikonversikan gol.

Duet Luiz dan Castillion terlihat masih belum menemukan chemistry nya seperti penampilan sebelumnya. Menanggapi hasil imbang yang diraih Persib Bandung, Supardi menilai pertandingan berjalan ketat. Menurutnya hasil pertandingan uji coba ini merupakan tolak ukur dari latihan yang dilakukan selama sebulan terakhir.

"Pertandingan yang sangat ketat, kedua tim menampilkan permainan terbaiknya," kata Supardi Nasir dikutip dari laman Persib. "Pelajaran yang diambil sore ini, kita jadi tahu di mana dan hasil latihan selama sebulan ini," imbuhnya. Berkaca pada hasil imbang ini, Supardi tetap percaya Persib Bandung akan menemukan permainan terbaiknya sebelum Liga 1 kembali dilanjutkan.

Seperti diketahui, Liga 1 2020 telah berlangsung selama 3 pekan, namun harus ditangguhkan pada bulan Maret lalu akibat pandemi corona. Setelah ditangguhkan sekitar 6 bulan, kini Liga 1 2020 akan kembali dilanjutkan pada bulan Oktober mendatang. Hal tersebut seperti yang ditetapkan PSSI bahwa Liga 1 musim ini segera dilanjutkan mulai 1 Oktober 2020 dan akan digelar tanpa penonton.

Titik terang Liga 1 2020 semakin terlihat setelah rilis draft jadwal yang disusun PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi. "Masih ada satu bulan lagi. Saya yakin tim akan berkembang." "Mohon doa dari bobotoh untuk kami semua agar terus berjuang di lapangan terima kasih atas doa dan dukungannya," tambah pemain yang tampil penuh 2×45 menit.

Pemain yang menempati bek kanan tersebut juga mengungkapkan kesiapan timnya menghadapi lanjutan kompetisi Liga 1 2020 Oktober nanti. Ia yakin, kondisi timnya akan terus meningkat dalam beberapa waktu ke depan. "Sejauh ini kita sudah cukup baik, tapi tentunya perlu peningkatan. Stamina juga hampir 100 persen."

"Kami selalu optimis untuk menatap lanjutan Liga, " jelas bek kanan berusia 37 tahun. Sejak awal babak pertama, Tira Persikabo selaku tim tamu langsung melancarkan serangannya. Hal itu terlihat pada menit 1 Tira Persikabo mendapat kesempatan tendangan bebas.

Tendangan bebas yang didapat Tira Persikabo dapat dimentahkan Teja Paku Alam dan menghasilkan tendangan sudut. Namun tendangan sudut yang didapat tim tamu tersebut belum dapat mengancam gawang Persib Bandung. Persib Bandung yang mendapat ancaman sejak awal pertandingan terlihat mulai tampil menyerang.

Aliran bola di lini tengah yang dikomandoi Gian Zola menjadi kreator serangan Persib Bandung pada pertandingan ini. Tim tamu kembali mendapat peluang berikutnya pada menit 12 lewat Ciro Alves. Ciro Alves mendapat peluang di dalam kotak penalti setelah menjangkau umpan dari rekannya.

Saat Ciro Alves akan melakukan eksekusi, bek Persib Bandung Ardi Idrus berhasil menutupnya. Bola pun menjauh dan menghasilkan tendangan sudut yang tidak membahayakan pertahanan tuan rumah. Tim tamu Tira Persikabo terlihat masih menguasai jalannya permainan hingga memasuki menit 20.

Dari segi permainan, tim besutan Robert Alberts masih belum menemukan chemistry permainannya. Mereka sering mengandalkan umpan umpan panjang yang belum dapat dimaksimalkan para wingernya. Febri Hariyadi dan Fretz Butuan menjadi pemain yang mengisi posisi winger dalam laga uji coba ini.

Menit 24 kartu kuning pertama dikeluarkan wasit kepada Arthur Ibo pemain Tira Persikabo. Arthur Ibo mendapat kartu kuning setelah pelanggarannya kepada Gian Zola. Pelanggaran tersebut menghasilkan tendangan bebas yang mendekati kotak penalti Tira Persikabo.

Gian Zola pun dipercaya sebagai eksekutor tendangan bebas dan mengarahkan bola ke dalam kotak penalti. Umpan Zola berhasil dijangkau oleh Kuippers yang mengarahkan bola dengan sundulannya. Sundulan bola Kuippers pun masih belum mengarah ke gawang.

Tiga menit berselang atau tepatnya menit 27, Tira Persikabo gantian mendapat tendangan bebas. Tendangan bebas Tira Persikabo dieksekusi oleh Alex Dos Santos yang langsung mengarahkan ke gawang Teja Paku Alam. Teja Paku Alam masih menunjukan kualitasnya dengan menepis tendangan keras Alex.

Permainan kedua tim baik Persib serta Tira Persikabo terlihat semakain terbuka dengan bergantian menyerang. Wander Luiz yang menjadi motor serangan pada menit 30 menciptakan sebuah peluang. Ia membawa bola dengan menyisir dari sisi lapangan, kemudian membagi bola ke lini tengah.

Zola yang mendapat bola kemudian melakukan one two dengan Febri Hariyadi. One two tersebut diakhiri dengan eksekusi Zola yang masih melambung dari gawang lawannya. Peluang kedua tim pun belum berhasil mengubah skor babak pertama yang berakhir 0 0.

Pada babak kedua, kedua tim pun masih berusaha dalam menyusun serangan untuk mengubah kedudukan. Alex Dos Santos hampir mencetak gol pada menit 55 lewat sundulannya. Sundulan Alex pun masih belum menemui sasaran gawang Teja Paku Alam.

Persib Bandung gantian melakukan ancaman lewat tendangan spekulasi Wander Luiz. Wander Luiz melepaskan tembakan spekulasi pada menit 60 yang juga masih melayang jauh dari gawang tim tamu. Tujuh menit berselang atau tepatnya menit 67 terjadi kemelut di pertahanan Persib Bandung.

Kemelut yang terjadi di pertahanan Persib Bandung dimanfaatkan oleh Silvio Escobar. Escobar yang mendapat bola kemelut pun masih gagal mengarahkannya. Pasukan Igor Kriushenko terlihat lebih dominan dalam melancarkan serangan.

Pada menit 73 Ardi Idrus melakukan overlap untuk mengawali Persib Bandung dari lini sayap. Overlap Ardi Idrus pun diakhiri dengan mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Umpan lambung yang mengarah ke dalam kotak penalti berhasil dijangkau oleh Wander Luiz.

Luiz pun meneruskan umpan tersebut dengan sundulan yang masih menyamping dari gawang Dwi Kuswanto. Pemain muda Persib Bandung, Syaiful mendapat peluang di dalam kotak penalti lewat sundulan. Sundulan Syaiful masih terlihat pelan untuk ditangkap Dwi Kuswanto pada menit 80.

Jelang pertandingan usai, Persib Bandung lebih tampil dominan menyerang. Usaha penyerangan yang dilakukan Maung Bandung pun juga tidak dapat dikonversikan gol. Babak kedua usai skor imbang kaca mata 0 0.