Bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa ini yang lahir pada Agustus 2020 lalu mendapatkan begitu banyak antusiasme dari berbagai pengusaha lokal UMKM, karena bisnis ini adalah angin segar untuk para pengusaha lokal agar usaha mereka tetap berdiri ditengah pandemic yang bergejolak hingga menggoyangkan perekonomian mereka. Tingginya angka gulung tikar pada beberapa usaha lokal menjadi hal buruk bagi perekonomian bangsa mengingat UMKM sebagai penopang negara. Platform digital pengadaan barang dan jasa ini hadir untuk membantu para pengusaha UMKM agar siap berdiri kembali dengan transaksi jual beli digital dan nantinya kegiatan ini akan menjadi sebuah pergerakan sehari-hari ke depannya mengingat social distancing masih kuat dalam peraturan yang berlaku di Indonesia.

Tips Pertama untuk bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa adalah siapkan mental, Jika ingin menjalankan bisnis UMKM terutama ingin bergabung di platform digital pengadaan barang BUMN ini, tentunya harus menyiapkan mental terlebih dahulu. Karena untuk membuka sebuah bisnis diperlukan mental baja. Ketatnya persaingan dalam dunia bisnis mengharuskan para pelaku bisnis untuk siap mental sejak dini. Jangan sampai hal ini membuat Anda kehilangan arah ketika menjalankan sebuah bisnis karena dapat berpengaruh terhadap kinerja dan juga kesehatan.

Tips kedua untuk bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa adalah pilihlah bidang usaha yang tepat, Pastikan jika bidang usaha yang dipilih memang sesuai dengan kompetensi yang Anda miliki ketika bergabung dengan platform digital pengadaan barang BUMN ini. Tidak hanya itu, Anda juga harus pandai mencari celah dalam menciptakan sebuah bidang usaha yang baru. Jika pun tidak,Anda bisa kembangkan bisnis yang telah ada sebelumnya. Dan pastikan juga jika produk yang akan dibuat nanti harus memiliki ciri khas tersendiri supaya memiliki daya tarik.

Tips ketiga untuk bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa adalah siapkan modal usaha yang cukup, Anda juga perlu memiliki modal usaha yang cukup bahkan ketika berhasil bergabung dengan platform digital pengadaan barang BUMN ini. Modal usaha sendiri ada dua jenis yakni materil dan non materil. Modal-modal tersebut sangat penting terutama dalam hal materil. Pastikan jika sudah menyiapkan keduanya dengan baik supaya usaha Anda dapat berjalan lancar. Untuk jumlah modal sendiri disesuaikan jenis bisnis yang dijalani. Jadi tergantung bisnis apa yang Anda pilih nanti untuk jumlah modal yang harus dipersiapkan.

Tips Keempat untuk bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa adalah Fokuslah hanya pada satu bisnis, Untuk Anda para pebisnis yang pemula ketika ingin bergabung dengan platform digital pengadaan barang BUMN ini, sebaiknya fokus terhadap bidang bisnis yang dijalani hingga benar-benar berhasil. Meski di perjalanan nanti akan banyak godaan untuk membuka bisnis yang lain, tapi jika belum sukses Anda tetap harus fokus dulu terhadap bisnis yang dijalankan.

Tips kelima untuk bergabung di platform digital pengadaan barang dan jasa adalah, Mempersiapkan lokasi usaha yang strategis, Meski saat ini lokasi usaha tidak terlalu berpengaruh terhadap kesuksesan bisnis tapi paling tidak Anda juga tetap harus persiapkan lokasi usaha yang strategis. Banyak hal yang akan berpengaruh terhadap kesuksesan sebuah bisnis UMKM. Pastinya sebelum memulai sebuah usaha ada baiknya lakukan persiapan yang matang supaya semuanya dapat berjalan dengan lancar.