Wisata di Kawasan Danau Toba ternyata cukup beragam termasuk bisa mengunjungi Air Terjun Efrata. Air Terjun Efrata adalah air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 20 meter, tepatnya berada di Sosor Dolok, Kecamatan Harian, Samosir Air Terjun Efrata ini berjarak lebih kurang 186 km dari pusat Kota Medan.

Air Terjun Efrata ini menawarkan keindahan yang luar biasa dengan bentangan air yang jatuh begitu deras dan melebar. Maka tak heran banyak pengunjung lokal maupun mancanegara bila singgah ke Tele maupun Danau Toba, pasti singgah ke air terjun tersebut. "Banyak orang mengatakan air terjun ini adalah Air Terjun Tele. Karena berdekatan itu. Lokasi yang tidak jauh daru pinggir jalan lintas menuju Pangururan dan melewati Bukit Holbung, jadi banyak orang singgah kemari," ucap Andre warga sekitar air terjun, Rabu (2/9/2020).

Sambung Andre, air terjun ini dikenal juga dengan Sampuran Efrata yang memiliki arti taman terindah dan suci. Sementara itu, Air Terjun Efrata dengan kawasan yang hijau, diapit dengan perbukitan, tentu membuat setiap pengunjung yang datang ke air terjun akan terpesona dengan keindahan alamnya. "Untuk tiba di air terjun, pengunjung berjalan kaki dulu sekitar 100 meter dari parkiran. Selama perjalanan, pengunjung akan disambut dengan hamparan sawah yang luas dan hijau. Jadi, banyak juga orang berfoto di sini dulu sebelum sampai di air terjun," ucap Andre.

Ketika musim panen, panorama padi yang menguning akan memanjakan mata setiap pengunjungnya. Kemudian, air terjun yang berada di tengah perbukitan ini, ketika sudah terlihat dari kejauhan akan membuat pengunjung tidak sabar untuk menyaksikannya lebih dekat. "Cantik kali bang air terjunnya, gak tau aku mau ngomong yang kek mana lagi. Begitu sudah terlihat dari jauh, jadi pingin cepat cepat menyaksikannnya lebih dekat lagi. Airnya segar pula, bawaannya udah mau langsung turun aja," ucap Tika, seorang pengunjung asal Tanjung Morawa.

Tampak, kayu kayu besar yang berada di sekitaran lokasi air terjun begitu menawan. Tepat di bawah air terjun terdapat batu batu yang berukuran besar dan kecil. Beberapa pengunjung akan mengabadikan momen berfoto dari atas batu. Namun, tetap berhati hati, karena kondisi batu licin dan berlumut. Untuk masuk ke Air Terjun Efrata, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi yang tergolong murah. Uang parkir sepeda motor dan mobil akan dikenakan Rp 2 ribu rupiah per unitnya. Sedangkan karcis masuk Rp 8 ribu.

Jadi tunggu apalagi sahabat Tri bun Medan, datang dan langsung rasakan sensasinya.